TEKNIK-TEKNIK DALAM MUAY THAI DAN SEJARAHNYA

2/20/2016

PADA KESEMPATAN KALI INI ADMIN AKAN MEMBAGIKAN TEKNIK-TEKNIK DALAM MUAY THAI:

MUAY THAI ADALAH ILMU BELADIRI DAN SALAH SATU YANG XTREME MARTIAL ARTS KARENA KEKUATAN DAN KECEPATANNYA YANG SANGAT MENGAGUMKAN

MUAY THAI DI KENAL JAMAN DAHULU DENGAN NAMA KRABBI KRABBONG

MUAY THAI DIPERKENALKAN PADA JAMAN PHRA CAO SUA(1702)YANG DIKENAL SEBAGAI TIGER KING IA MENGAJARKAN MUAY THAI(KRABBI KRABBONG)PADA BALA TENTARANYA.
ITULAH ASAL MULU DARI MARTIAL ART MUAY THAI INI.

Setelah sebelumnya kamu sudah mengenal dasar-dasar pengenalan olahraga Muay Thai, kini kita akan membahas beberapa gerakan dalam olahraga beladiri asal Thailand ini. Seperti yang sudah kamu tahu, Muay Thai merupakan jenis beladiri yang tidak memerlukan senjata selain anggota tubuh. Hampir semua anggota tubuh terpakai ke dalam gerakannya seperti pukulan, tendangan, menyikut, mendengkul, dan memiting. Muay Thai juga dikenal dengan nama ‘Ilmu Delapan Tungkai’ karena semua teknik gerakannya yang berawal dari kekuatan delapan titik kontak. Jadi untuk melakukan semua hal itu, kamu benar-benar harus memiliki ekstra energi yang lebih Sob.
Teknik gerakan memukul
  • Hook
Hasil gambar untuk HOOK PUNCH
Gerakan tinju secara menyamping yang menargetkan ke area kepala atau wajah dan anggota badan bagian samping.
  • Jab
Hasil gambar untuk JAB PUNCH
Gerakan tangan meninju lurus ke arah wajah maupun anggota badan bagian depan. Biasanya teknik pukulan ini merupakan kejutan dari gerakan berikutnya yaitu Strike yang lebih powerfull.
  • Strike
Hasil gambar untuk STRIKE PUNCH
Disaat tangan kiri sedang memancing lawan dengan gerakan Hook, dari  tangan satunya meluncur lurus ke arah anggota tubuh bagian depan (biasanya menargetkan bagian wajah). Strike lebih berbobot daripada jab karena ayunan tangan lebih kebelakang untuk mendapatkan tenaga yang lebih besar.
  • Upper Cut
Hasil gambar untuk UPPERCUT PUNCH
Gerakan ini membawa tangan mengayun dari bawah ke arah atas. Area target pukulan upper cut cukup luas, mulai dari hampir seluruh bagian tubuh bagian samping dan depan (termasuk kepala dan dagu).
Teknik gerakan menendang
  • Low Kick
Menargetkan anggota tubuh bagian bawah. Biasanya bagian dari pinggang ke bawah.
  • Middle Kick
Hampir sama seperti low kick, namun bedanya gerakan ini memiliki target tendangan anggota tubuh bagian depan dari pinggang ke atas.
  • High Kick
Hasil gambar untuk HIGH muay thai
Sasaran tendangan satu ini jelas mengarah ke bagian kepala.
  • Push Kick
Hasil gambar untuk PUSH KICK muay thai
Teknik kaki yang mendorong anggota tubuh lawan. Tidak seperti gerakan menendang lainnya yang mengandalkan kekuatan dan kecepatan, push kick hanya bermaksud untuk menjatuhkan lawan, mengambil jarak, dan memancing lawan untuk gerakan berikutnya.
Teknik gerakan menyikut
  • Horizontal
Hasil gambar untuk HORIZONTAL muay thai
Gerakan sikut yang mengarah secara menyamping. Biasanya mengincar bagian tubuh bagian samping kepala dan bahu.
  • Vertikal
Hasil gambar untuk VERTICAL muay thai
Sikutan yang mengarah dari bawah ke atas maupun sebaliknya. Target biasanya untuk tibuh bagian depan depan dan dagu.
  • Smashing Elbow
Hasil gambar untuk SMASHING ELBOW muay thai
Seperti sikutan secara vertikal namun berbeda tenaga dan hanya menyikut dari atas ke bawah. Smashing elbow akan secara kuat menghantam bagian tubuh. Variasi dari teknik ini adalah Flying Smashing Elbow yang bergerak menyikut dengan melompat terlebih dahulu.
  • Upper Cut Elbow
Hasil gambar untuk UPPER CUT ELBOW muay thai
Cukup mirip dengan tinju upper cut, namun bedanya dengan menggunakan sikut. Gerakan dari bawah ke atas yang menggunakan tenaga demi menjatuhkan lawan.
Teknik gerakan mendengkul
  • Hook Knee
Hasil gambar untuk HOOK  KNEE muay thai
Hampir serupa dengan pukulan hook namun menggunakan dengkul sebagai senjatanya.
  • Circle Knee
Anggota tubuh akan memutar dan memusatkan tenaganya di bagian dengkul untuk menyerang tubuh bagian samping seperti rusuk dan paha kaki lawan.
  • Upper Cut Knee
Seperti uppercut lainnya namun menggunakan dengkul untuk menyerang tubuh bagian depan lawan secara langsung.
Teknik gerakan memiting
Gerakan mengunci ini akan berusaha untuk menjatuhkan kepala lawan ke bawah sebelum melemparkannya lagi. Berawal dari memegang lawan malalui badan, kepala, maupun leher. Setelah lawan kehilangan keseimbangan, baru lah kamu menyerang dengan variasi serangan berikutnya.

0 komentar™: