TEKNIK PUSH UPS(CALISTHENICS)

3/09/2016

PADA KESEMPATAN INI MIMIN AKAN MEMBAGIKAN CARA/TEKNIK PUSH UPS YANG BAIK DAN BENAR BESERTA MANFAATNYA BAGI YANG MELAKUKANNYA:

Manfaat Push Up

Mengencangkan Otot
Melakukan push up yang baik dan benar akan mengencangkan otot-otot anda, terutama pada bagian lengan, dada, dan perut.

Meningkatkan Percaya Diri
Dengan melakukan push up yang rutin maka akan meningkatkan rasa percaya diri kamu, karena vitalitas yang meningkat akan membuatmu Pede dalam setiap penampilanmu. Selain itu, dengan melakukan push up sebanyak 50 sampai 100 kali tentunya akan membuatmu percaya kalau kamu memang kuat, maka dengan begitu anda akan percaya diri.

Membakar Kalori
Tentunya dengan melakukan push up, maka tubuh kamu akan memerlukan energi yang banyak. Maka energi tersebut mungkin saja diambil dari cadangan lemak kamu, untuk itu push up dapat menjadi pilihan yang baik untuk membakar kalori di tubuh.

Push up adalah olahraga yang mudah dilakukan, tetapi mempunyai manfaat yang baik. Untuk itu dari sekarang cobalah biasakan push up.


CARA MELAKUKAN PUSH UPS YANG BAIK DAN BENAR:

1

Mulailah dengan posisi tengkurap di atas lantai. Jagalah agar kaki Anda tetap berdekatan. Berat badan Anda harus dibebankan pada dada Anda.
  • Letakkan telapak tangan di atas lantai, sekitar selebar bahu. Keduanya harus berada di sebelah bahu Anda, dengan siku menunjuk ke arah jari-jari kaki Anda.
  • Jika Anda berada di permukaan yang relatif empuk, seperti lantai berkarpet, Anda juga bisa menopang tubuh menggunakan buku-buku jari dengan mengepalkan tangan untuk tantangan yang lebih besar. Jika Anda berada di permukaan yang kurang bersahabat, pertimbangkan untuk membeli beberapa pegangan push-up (bentuknya seperti handel pintu yang diletakkan di atas lantai).
  • Tekuk jari-jari kaki ke atas (ke arah kepala Anda). Bola kaki Anda harus menyentuh lantai.
2
Angkat tubuh Anda menggunakan lengan Anda. Pada titik ini, berat badan Anda akan ditopang oleh tangan dan bola kaki Anda. Buatlah garis yang lurus dari kepala ke tumit. Posisi ini disebut "plank (papan)", yang digunakan untuk berbagai macam latihan lainnya. Ini adalah posisi awal dan posisi akhir dari satu gerakan push-up.

3
Pilih jenis push-up yang terbaik bagi Anda. Sebenarnya ada tiga jenis variasi push up dasar yang menggunakan otot yang berbeda. Perbedaannya adalah di mana Anda menempatkan tangan Anda ketika berada di posisi plank. Semakin dekat posisi kedua tangan Anda, semakin besar Anda melibatkan trisep Anda. Semakin lebar posisi kedua tangan Anda, semakin besar Anda melibatkan dada Anda.[1]
  • Biasa: tangan Anda harus sedikit lebih lebar dari bahu Anda. Ini melatih lengan dan dada Anda.
  • Berlian: letakkan tangan Anda secara berdekatan dalam bentuk berlian, posisikan kedua tangan Anda langsung di bawah dada Anda. Ini akan lebih melibatkan lengan Anda daripada push up standar.
  • Lengan dilebarkan: lebarkan tangan Anda jauh melampaui lebar bahu Anda. Versi ini betul-betul melatih dada dan sangat sedikit membutuhkan kekuatan lengan.
Turunkan tubuh Anda ke lantai hingga siku Anda membentuk sudut 90 derajat. Jagalah siku Anda agar tetap dekat dengan tubuh Anda untuk resistensi yang lebih besar. Hadapkan kepala Anda ke depan. Cobalah untuk menjaga agar ujung hidung Anda mengarah ke depan. Jagalah agar tubuh Anda tetap dalam posisi papan yang rata—jangan menurunkan pinggul Anda. Tariklah napas ketika menurunkan tubuh Anda.
  • Jarak antara Anda dengan lantai bisa bervariasi tergantung pada kekuatan dan jenis tubuh Anda, tetapi jarak yang baik antara tubuh Anda dengan lantai adalah seukuran kepalan tangan.  
  • Angkat tubuh Anda dengan mencoba untuk mendorong lantai agar menjauh dari Anda. Hembuskan napas saat Anda mendorong. Kekuatan untuk mendorong akan berasal dari bahu dan dada Anda. Trisep (otot yang ada di bagian belakang lengan atas Anda) juga terkontraksi tetapi bukan kelompok otot utama yang digunakan. Jangan tergoda untuk menggunakan pantat atau perut Anda. Lanjutkan dorongan hingga lengan Anda hampir berada dalam posisi lurus lagi (tapi tidak terkunci).

Ulangi menurunkan dan mengangkat tubuh Anda dengan kecepatan yang tetap. Setiap gerakan naik dan turun dihitung sebagai satu push up. Lakukan ini sampai Anda menyelesaikan set Anda atau Anda mencapai kemampuan maksimum.

0 komentar™: